30.1 C
Banjarmasin
Sunday, 5 February 2023

CATEGORY

Tahulah Pian

Tata Cara dan Filosofi Bapalas Bidan

DI KABUPATEN Barito Kuala, khususnya di Kecamatan Marabahan, ada sebuah budaya untuk menyambut seorang anak yang baru lahir. Namanya bapalas bidan.

Selamatan Leut: Ritual Suku Bajau Samah di Kotabaru

Di Kotabaru banyak suku, agama, dan budaya yang sangat unik. Salah satunya Suku Bajau Samah yang punya ritual. Namanya, Selamatan Leut.

Labuan Mas, Konon Pernah jadi Tempat Menimbun Harta Karun

Namanya Labuan Mas. Bukan tanpa alasan. Konon, tempat itu dulunya pelabuhan persinggahan perompak. Tempat mereka menimbun harta karun.

Sejarah Sarang Halang

Sarang Halang merupakan sebuah nama kelurahan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Riwayat Sengketa Tanah Kelayan

DI ZAMAN kolonial dulu, Kelayan hanyalah hutan belantara. Dikuasai seorang pengusaha bernama B Broers. Inilah riwayat sengketa tanah sebelum zaman kemerdekaan.

Gedung Beton Pertama di Banjarmasin

GEDUNG Bank Mandiri di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin Tengah, memiliki catatan sejarah tersendiri.

Dulunya Tanpa Masin

KETIKA pertama kali terbit, 22 tahun silam, koran ini beken dengan nama Radar Banjar. Tanpa imbuhan Masin.

Menebus Bayi dari Tangan Bidan

ORANG Martapura mengenal tradisi Bapalas Bidan. Ritual ini dilaksanakan setelah kelahiran seorang anak. Niatnya, keluarga membalas jasa seorang bidan yang telah menolong persalinan.

Gardu Listrik Peninggalan Belanda

SIAPA sangka, kotak beton besar berwarna hitam di seberang Menara Pandang, Jalan Pierre Tendean, Banjarmasin Tengah itu merupakan peninggalan Belanda.

Mengenang 15 Januari 1962

DENGAN rasa haru, Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan menaburkan bunga di Selat Laut Kotabaru, Kalsel, kemarin (16/1). Menaiki Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) Kelambau II-13-49, tabur bunga itu untuk mengenang peristiwa 15 Januari 1962. Apa yang terjadi 61 tahun silam? Tahulah Pian?

Berita Terbaru