alexametrics
24.1 C
Banjarmasin
Jumat, 21 Januari 2022

CATEGORY

Tahulah Pian

Asal Usul Nama Pagatan

Pagatan adalah nama kota di Kabupaten Tanah Bumbu. Kota ini dikenal dengan keindahan pesisirnya, populer dengan pesta adat pantainya yang sudah dikenal nasional bahkan manca negara.

Asal Mula Desa Tajau Pecah

Pada awal mulanya Desa Tajau Pecah hanya hutan belukar biasa di Tanah Laut. Di lokasi tersebut ada perkebunan sahang (lada) yang mulai ditanam sekitar tahun 1939.

Sejarah Berdirinya Korem 101/Antasari

Terbentuknya korem 101/Antasari diawali dengan lahirnya badan-badan perjuangan yang bertujuan menghimpun para pemuda dalam rangka mempertahankan kemerdekaan serta melenyapkan sisa kekuatan Belanda.

Tentara di balik Pembangunan Sabilal Muhtadin

Ada tiga tokoh di balik pembangunan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dua diantaranya adalah TNI.

Sejarah Gedung Balai Kota Banjarmasin

Dulu, Gedung Balai Kota Banjarmasin bukanlah yang berada di Jalan RE Martadinata. Di tahun 1938 hingga 1941 pemerintahan di Kota Banjarmasin pernah menempati sebuah gedung di kawasan Jalan Heerengracht, atau jalan Jalan Jawa dan Jalan DI Panjaitan sekarang.

Heli Canggih Pertama di Kalimantan

Banjarbaru dulu"punya" pesawat helikopter yang disebut paling canggih dan pertama di Kalimantan. Helikopter ini adalah aset Uni Soviet (sekarang Rusia) yang sudah ada sejak tahun 1960-an.

Sejarah Pabrik Kertas Martapura

Pada kisaran tahun 1970-an di Jalan Menteri Empat, Martapura, Kabupaten Banjar beroperasi sebuah pabrik kertas besar. Kini bekas bangunannya sudah lama mangkrak, bahkan sebagian besar lokasinya sudah berdiri rumah sakit megah: RSUD Ratu Zalecha Martapura.

Dodol Kandangan Dibuat Orang Arab

DODOL LEGENDARIS: Syarifah di kawasan Simpang Lima Kandangan. | FOTO: SALAHUDIN/RADAR BANJARMASIN

Kisah Datu Sanggul

Makam Datu Sanggul berada di Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Tahun 2022 ini adalah haul ke-257 ulama bernama asli Syekh Muhammad Abdussamad itu.

Bukan Insinyur, Ternyata Tugu Obor Dirancang Oleh Seniman

Tugu Obor Mabuun yang ada di persimpangan jalan raya trans Kalimatan di Tabalong bukan dirancang oleh insinyur atau ahli teknik.

Berita Terbaru