28.1 C
Banjarmasin
Saturday, 25 March 2023

Jelang Popda Kalsel, Tala Mulai Seleksi Atlet untuk 11 Cabor

PELAIHARI – Jelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel 2023, para pengurus cabang olahraga di Kabupaten Tanah Laut mulai melakukan seleksi. Salah satunya cabor atletik.

Sejak pagi, para pelajar dari sekolah-sekolah di Bumi Tuntung Pandang berdatangan ke Stadion Pertasi Kencana untuk mengikuti seleksi yang diawasi oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora).

Berdasarkan informasi ada 11 cabor yang nantinya dipertandingkan pada popda yang berlangsung di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, yakni atletik, dayung, karate, menembak, panahan, judo, panjat tebing, renang, taekwondo, kempo, gulat.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pasi) Tala, Muhammad Noor mengatakan nomor yang diseleksi adalah lari, lempar lembing, tolak peluru, lompat jauh, dan lempar cakram. “Untuk lari ada beberapa kategori, yakni lari 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, dan 5000 meter,” ucapnya di sela kegiatan.

Baca Juga :  Target Lima Besar Tuan Rumah Porprov
010-Ramadhan-favehotel-Banjarbaru-Event-Ads

Dikatakannya, dari setiap kategori atau nomor yang dilakukan akan dipilih satu orang atlet yang akan melakukan pemusatan latihan.”Nanti akan dipilih satu orang, baik putra maupun putri,” ujarnya.

Ia menuturkan antusias para pelajar yang mengikuti seleksi kali ini cukup besar, hal itu dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ikut.”Total ada 142 yang mendaftar dari berbagai sekolah,” bebernya.

Terpisah, Kepala Bidang Olahraga pada Dispora Tala, GT Tajuddin Noor mengungkapkan seleksi atlet untuk popda tak hanya dilakukan atlet dari cabor atletik melainkan seluruh cabor.”Selama tiga hari kedepan sebelas cabor yang dipertandingkan di popda nanti juga menggelar seleksi di masing-masing venue,” sebutnya.

Lebih lanjut, Tajuddin mengatakan pihaknya akan segera menggelar pemusatan latihan selama sepuluh hari. Lokasinya di venue masing-masing. “Selain pemusatan latihan, nanti kami juga akan melakukan sparing partner,” beber pejabat eselon III.

Baca Juga :  HSS Target 5 Emas dari Gulat

Ia mengungkapkan ada beberapa cabor yang menjadi unggulan pihaknya, yakni renang dan beladiri seperti taekwondo dan karate.”Popda kemarin kita memperoleh 11 emas untuk cabor renang, ini yang perlu kita pertahankan,” pungkasnya. (sal/ij/ran)

Banjarmasin Juara Umum Potrada

Kota Banjarmasin berhasil keluar sebagai juara umum dalam event Pekan Olahraga Tradisional Daerah (POTRADA) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

Temui Kami di Medsos:

Terpopuler

Berita Terbaru