26.1 C
Banjarmasin
Saturday, 3 June 2023

BPD Minta Gaji Disesuaikan, Gelar Aksi di DPRD HST

BARABAI – Ratusan warga dari Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar aksi damai di Gedung DPRD, Kamis (16/2) pagi.

Ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan kepada wakil rakyat. Seperti menuntut agar gaji BPD diusulkan dari Dana Desa (DD), bukan dari Alokasi Dana Desa (ADD).

03-Wedding-Package-favehotel-Banjarbaru-2023

“Selama ini diambil dari dana dari pemerintah daerah. Kami ingin gaji didapat dari Dana Desa yang dikirim pemerintah pusat,” kata Ketua PABPDSI, Husni Tamrin.

Menurutnya, gaji BPD perbulan di HST Rp550 ribu. Rencananya tahun ini dinaikkan oleh Pemkab HST menjadi Rp800 ribu.

Tuntutan lain, anggota BPD minta dilindungi jaminan kesehatan. “Memberikan jaminan sosial kesehatan dan hari tua untuk anggota BPD,” lanjutnya.

Baca Juga :  Pemko Banjarmasin Sediakan Pojok Konsultasi dan Pelayanan Hukum Gratis

Selain itu, meminta perubahan nama dari BPD menjadi DPRDes. “Kami mohon aspirasi ini disampaikan ke pemerintah pusat. Kami percaya kepada para wakil rakyat di sini. Kami akan menunggu,” desaknya.

Kedatangan PABPDSI disambut Ketua DPRD HST, Rachmadi dan beberapa anggota dewan. Rachmadi berjanji akan menyampaikan aspirasi ini ke pemerintah pusat. “Insya Allah kami akan memperjuangkan aspirasi ini ke pemerintah pusat,” katanya.

Soal permintaan gaji yang diambil dari ADD, ia akan mengoordinasikan dengan pihak terkait. “Kalau mendengar penjelasan mereka, memang ada undang-undang yang mengatur. Tapi, kami akan pelajari dulu,” janjinya.(mal/gr/dye)

Pemko Banjarmasin Sediakan Pojok Konsultasi dan Pelayanan Hukum Gratis

Ada yang baru di Balai Kota. Pemko menyediakan ruangan khusus. Pojok konsultasi dan pelayanan hukum.

Temui Kami di Medsos:

Terpopuler

Berita Terbaru