25.1 C
Banjarmasin
Friday, 31 March 2023

Pohon Tumbang Menutup Jalan

BARABAI – Pohon asam berukuran besar tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang di Desa Guha Kecamatan Labuan Amas Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Sabtu (4/3).

Rahmat warga setempat, menceritakan sebelum akar pohon itu tercabut dari tanah, angin kencang berhembus menerpa pohon. Dalam hitungan detik pohon langsung tercabut dari akarnya.  “Beruntung tidak ada korban jiwa. Tapi satu pos ronda rusak ditimpa pohon tersebut,” katanya.

Warga dan relawan perlu dua jam untuk menyingkirkan pohon tersebut karena menutup jalan. “Beruntung hujan lekas reda dan kami bersama tim gabungan langsung memotong dan membersihkan pohon tersebut agar tidak menutupi jalan,” kata Babinsa setempat Serda Harun.

Baca Juga :  Dua Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Harun menuturkan pohon asam yang tumbang tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. karena batang pohon tersebut sangat besar. Karena usia tua sehingga tidak kuat diterpa angin kencang.

010-Ramadhan-favehotel-Banjarbaru-Event-Ads

Harun mengimbau masyarakat HST agar mewaspadai potensi angin kencang dan memangkas batang pohon besar di sekitar pemukiman. “Karena besarnya pohon perlu tenaga banyak untuk membersihkan. Semua gotong royong para relawan, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST dan warga,” pungkasnya. (mal/ij/ran)

Soal Pohon Rebah di Lingkungan Perkantoran, DLH Minta ‘Tuan Rumah’ Perhatikan

Dua pohon tumbang dalam waktu dekat terjadi di Kota Banjarbaru. Pohon itu tumbang di lokasi yang sama. Tepatnya, di sekitar kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Banjarbaru.

Temui Kami di Medsos:

Terpopuler

Berita Terbaru