26.1 C
Banjarmasin
Saturday, 3 June 2023

Warga Datar Ajab di HST Sempat Terisolasi karena Tanah Longsor

BARABAI- Tanah longsor sempat membuat warga Desa Datar Ajab Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah terisolasi dua hari. Longsor terjadi pada Jumat (28/10). Saat wilayah pegunungan Meratus hujan. Panjang longsoran kurang lebih 55 meter.

Kini warga sudah bisa melintas dengan nyaman. Tanah longsor sudah dibersihkan, pada Minggu (30/10). “Tanahnya bercampur krikil dan pohon-pohon kecil. Tapi sekarang sudah bisa dilalui,” kata Kalak BPBD HST, Budi Haryanto, Senin (31/10).

03-Wedding-Package-favehotel-Banjarbaru-2023

Warga dibantu petugas dari BPBD HST, TNI-Polri dan para relawan untuk membereskan longsor. Menggunakan peralatan seperti cangkul dan disemprot air.

Agus warga setempat mengatakan dampak putusnya akses jalan akibat longsor sempat membuat petani tidak bisa mengangkut hasil panen.”Karena mobil tidak bisa lewat,” ceritanya. “Tapi sekarang sudah bisa lewat namun harus hati-hati,” sambungnya.

Baca Juga :  Nakes PKM di HST Juga Ingin Diprioritaskan Menjadi PPPK

Agus menambahkan titik longsor di Desa Datar Ajab merupakan titik longsor baru. Sebentar ada beberapa lokasi yang sudah ditandai rawan longsor.”Biasanya membersihkan ya gotong royong. Karena kalau pakai alat berat susah dan biayanya juga mahal,” pungkasnya. (mal/by/ran)

Tanah Longsor di Binuang Masih Bergerak

Hingga Minggu (30/4), tanah longsor di Desa Padang Sari, tepatnya Dusun Gunung Kampil, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin masih belum bisa dilakukan pembersihan.

Temui Kami di Medsos:

Terpopuler

Berita Terbaru