alexametrics
25.1 C
Banjarmasin
Friday, 1 July 2022

CATEGORY

Ekspedisi Ramadan

Taklukan Penghuni Gunung Keramaian

Datuk Nafis adalah sosok ulama yang haus akan ilmu agama. Konon, ia tak hanya disegani oleh jemaah, tapi juga bangsa jin.

Cahaya Makamnya Memandu Para Pelaut

Di lingkungan kerajaan, ia menjadi penasihat. Bahkan hingga seusai wafatnya, Pangeran Syarif Ahmad Alaydrus selalu menjadi rujukan tempat orang bertanya ini-itu.

Belajar Persatuan dan Kerja Keras dari Rumah Betang Khas Suku Dayak

Rumah Betang khas Suku Dayak bukan sekadar hunian, bangunan yang biasa disebut dengan 'Lewu Hante' ini juga sarat makna filosofis.

Kampung Mualaf Ingin Kebun Dekat Pengajian

Warga di Kampung Mualaf masih memerlukan bantuan. Jarak ke kebun yang jauh menyita waktu mereka dari belajar agama.

Pantang Menyerah Meski Seperti Melukis di Atas Air

Pernah mendengar adanya Kampung Mualaf? Kalau belum, datanglah ke Kecamatan Halong. Saksikan sendiri bagaimana semangat mereka mempelajari Islam. Bila Anda punya waktu dan rezeki lebih, bantulah mereka.

Kiprah Ulama dan Dahsyatnya ‘Pasukan Gaib’

Garis yang tampak di tanah itu laiknya dinding pelindung. Selama pasukan pejuang kemerdekaan berada dalam garis, tak ada satu pun peluru penjajah Belanda yang mampu mencapai tubuh mereka.

Dibangun atas Saran Datuk Kelampaian

Masjid Jami Sungai Banar salah satu situs bersejarah yang kerap disinggahi pelancong atau peziarah dari berbagai daerah.

Yuda Lalana dan Pertempurannya

Di bawah rindangnya pepohonan jati, ada sebuah kubah makam tua. Konon, di sinilah pimpinan gerakan Baratib Baamal di Desa Jatuh, Penghulu Muda Yuda Lalana dikebumikan.

Batumbang Apam untuk Berkati Anak-Anak

Diiringi gema salawat, dipandu seorang marbot atau imam masjid beserta orang tuanya, bocah itu menaiki undak-undakan mimbar. Harapan dihaturkan, semoga sang bocah memiliki akhlak yang terpuji dan menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

Tiga Lubang Peluru di Mimbar Masjid

Bunyi berondongan peluru tidak hanya memekakan telinga dan mengagetkan sejumlah warga di Desa Pasungkan. Tapi juga menyisakan tiga lubang di mimbar masjid kenangan Datuk Daha.

Berita Terbaru

/