31.1 C
Banjarmasin
Monday, 20 March 2023

Wakili Pj Bupati, dr Moch Yandi Menerima Penghargaan UHC Award 2023 untuk Pemkab HSU

AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award tahun 2023 dan beberapa pemerintah daerah dan kota di Indonesia.

Ada 22 Provinsi, 334 kabupaten/kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal ini merupakan program strategis nasional dalam mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau UGC di Indonesia.

Penghargaan UHC ini diberikan Wapres RI Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan

010-Ramadhan-favehotel-Banjarbaru-Event-Ads

Dan juga Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3).

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, mengapresiasi komitmen pemda dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi presiden pada gubernur, bupati dan walikota adalah mendorong target RPJMN.

Target tersebut yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran dan bantuan iuran penduduk yang didaftarkan pemda.

Baca Juga :  Disporapar HSU Bangga Atlet Tenis Lapangan Sapu Bersih 6 Emas di Porprov

Selanjutnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan bertumbuhnya kepesertaan JKN-KIS, angka pemanfaatan pelayanan kesehatan pun turut meningkat. Dari 92,3 juta pemanfaatan pada tahun 2014, menjadi 502,8 juta pemanfaatan pada tahun 2022.

“Kami mendorong pemda lain untuk dapat segera mengejar cakupan kepesertaan di daerahnya dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS,” sampainya.

Mengingatkan lanjutnya, salah satu keuntungan Program JKN-KIS adalah memiliki asas portabilitas dan dapat dimanfaatkan meskipun dalam keadaan sehat. Dimana masyarakat bisa berobat di seluruh wilayah Indonesia ketika membutuhkan.

“Perwakilan kantor kami sudah hadir di tiap kabupaten/kota yang diharapkan dapat mempermudah sinergi dengan pemda. Kami akan siap berkolaborasi dalam mewujudkan UHC di Indonesia,” ujar Ghufron.

Sementara itu, Kabupaten HSU turut mendorong capaian UHC di Indonesia. Pemerintah Kabupaten HSU sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan

Berdasarkan data BPJS, terhitung hingga Maret 2023, lebih dari 95 persen dari total jumlah penduduk sebanyak 232.226 jiwa di Kabupaten HSU telah terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS.

Baca Juga :  MTQ HSU Berakhir, Nida Khairiah Juara Umum Perorangan

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di HSU, telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Mewakili Pj. Bupati HSU. Plt. Asisten II Setda HSU, dr Mochammad Yandi Friyadi, pada rekan media via sambungan telepon, mengatakan senang daerahnya mendapat capaian UHC, mengingat tidak semua daerah mendapatkan penghargaan ini.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Barabai yang bekerja keras agar masyarakat Kabupaten HSU bisa terjamin ke dalam Program JKN,” sampai dr Moch Yandi lewat sambungan telepon, Rabu (15/3).

Dengan tercapainya UHC di Kabupaten HSU harapannya, maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam memberikan layanan kesehatan.

Sebab pemda akan berkomitmen agar seluruh penduduk HSU, terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS.

Saat penerimaan penghargaan UHC ini, dr Moch Yandi Friyadi, juga didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU H Hermani Johan dan pejabat dinas kesehatan. (mar)

MTQ HSU Berakhir, Nida Khairiah Juara Umum Perorangan

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara, ditutup Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, Senin (13/3) malam tadi, di Lapangan Pahlawan Amuntai.

Temui Kami di Medsos:

Terpopuler

Berita Terbaru